Pages

Kamis, 14 Mei 2015

Si Cantik Nan Berkhasiat (Elephantopus scaber)

"Elephantopus scaber"
Photo by : Super_B
Location : Taman Kampus FMIPA Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Alhamdulillah... Akhirnya #Super_B ada waktu lagi buat nulis lagi di blog... Yuk update lagi informasi tentang seputar #Biodiversitas yang ada disekitar kita...

Kali ini ada sedikit informasi tentang Si Cantik Nan Berkhasiat yaitu Elephantopus scaber atau sering dikenal dengan Tumbuhan Tapak Liman...

#SahabatSuper_B tahukah kamu?...

Tapak Liman (Elephantopus scaber) merupakan tanaman terna. Ketinggian tumbuhnya 10 - 80 cm. Batangnya kaku dan bercabang. Akarnya tunggang, daunnya tunggal, berbentuk bulat telur. Tapak liman mempunyai bunga yang mahkotanya berwarna putih keunguan.

klasifikasi ilmiah dapat dilihat dari tabel berikut :

Scientific classification
Kingdom :Plantae
Division :Magnoliophyta
Class :Magnoliopsida
Order :Asterales
Family :Asteraceae
Genus :Elephantopus
Species :E. scaber

Spesies ini berasal dari Amerika tropis, yang kini mudah ditemui di banyak negara di Asia, dan Polinesia. Tumbuh dihampir semua habitat tropis, hutan hujan tropis, dan semak belukar. Maka tidak heran jika kita sering melihatnya di lingkungan sekitar kita.

Seluruh bagian tanaman ini terutama daun, akar, dan batang tanaman dapat digunakan sebagai obat tradisional. Salah satunya sebagai pemacu gairah seksual sehingga tanaman ini dikenal dengan sebutan Viagra Jawa. Tanaman ini mengandung senyawa stigmaterol yang membentuk hormon progesterone sehingga dapat sebagai pemacu gairah. Di samping sebagai pembangkit gairah, tanaman ini juga berkhasiat untuk melancarkan air seni, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan berbagai jenis radang (termasuk radang rahim alias keputihan), anti-anemia, pembersih darah, anti-kanker, mengatasi perut kembung, beri-beri, disentri, digigit ular, batuk seratus hari, hingga hepatitis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar